Alasan Real Estate Masih Menjadi Investasi Terbaik

3 min read

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa investasi terbaik saat ini adalah dengan membeli properti. Kita akan cari tahu bersama-sama, apakah hal ini masih berlaku? Apakah berinvestasi ke real estate merupakan hal yang bagus?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah, ya. Investasi di real estate masih menjadi sumber investasi yang menguntungkan. Penjabarannya dapat ditemukan dari poin-poin di bawah ini:

1. Memiliki menjadikan kita kaya

Sebagian besar orang memperkaya diri melalui investasi real estate dikarenakan kebutuhan. Dimulai dari pembelian aset rumah atau apartemen yang kecil, kemudian berpindah ke rumah yang lebih luas dan kawasan yang lebih strategis, yang tentu bernilai lebih tinggi.

Dalam beberapa tahun kemudian, harga aset meningkat dan memungkinkan kita untuk membeli aset yang lebih mahal dengan menggunakan uang hasil penjualan aset sebelumnya.

Di sini, kata kuncinya adalah keputusan untuk membeli aset pertama, meskipun tergolong aset yang kecil.

2. Aset perumahan menguntungkan sepanjang tahun

Menanamkan uang ke dalam real estate merupakan ide yang sangat bagus jika Anda merencanakannya untuk jangka waktu yang panjang, bukan untuk mengharapkan pengembalian investasi yang instan.

Pilihan investasi terbaik Anda adalah membeli aset properti perumahan yang menghasilkan penghasilan melalui uang sewa sepanjang tahun. Namun, Anda harus memahami semua yang berkaitan dengan biaya pengurusan hukum dan mempersiapkan segala biaya tak terduga.

3. Membeli adalah pilihan lebih bijak

Beberapa hasil riset independen memperlihatkan bahwa sebagian besar miliarder menghasilkan uang lebih banyak dengan memiliki real estate daripada investasi lainnya. Nilai real estate terus meningkat secara konstan seiring berjalannya waktu dan mengalahkan investasi lainnya.

Hal bagus lainnya adalah investasi real estate tidak rentan terhadap fluktuasi jangka pendek seperti halnya bursar saham. Anda mendapatkan aset yang nyata dan berguna, entah Anda meyewakan sebuah apartemen, rumah atau ruko untuk sumber pendapatan atau untuk membeli aset properti yang lain.

Selalu waktu yang baik untuk membeli real estate. Pada kenyataannya, kekayaan yang sebenarnya dihasilkan dengan membeli ketika orang lain menjual, atau sebaliknya. Di saat orang lain berbicara tentang resesi, pasar dalam keadaan kuat, dengan meningkatnya harga dan transaksi.

Biaya sewa per bulan sebuah apartemen dengan satu kamar di kota-kota besar di Indonesia sudah mulai tinggi. Tentu tergantung dari lokasi dan kemudahan yang ditawarkan oleh masing-masing apartemen. Namun, biaya sewa tersebut dapat dipastikan akan tetap sama dalam kurun waktu beberapa tahun, bahkan dapat meningkat tajam dalam beberapa kasus.

Jadi, kenapa Anda masih mau menyewa? Lagi pula, jika Anda menyewakan aset properti Anda ke orang lain, Anda dapat menutup sebagian kecil atau sebagian besar dari pinjaman bank Anda.

4. Nilai investasi yang tepat akan selalu naik

Nilai investasi dalam bidang aset real estate selalu naik dalam kurun waktu beberapa tahun

Real estate adalah hal yang nyata, dan selalu menjadi ide bagus untuk menanamkan uang kita ke dalam aset yang nyata. Namun, hal tersebut bukan berarti semua real estate merupakan ide yang bagus.

Oleh karena itu, lokasi aset real estate memegang peranan penting. Jika lokasi tersebut di kawasan kelas atas, maka hal tersebut akan menyediakan aliran uang yang konsisten dan peluang bagus untuk apresiasi masa depan. Namun, bukan berarti investasi real estate selain di kawasan kelas atas merupakan ide buruk. Investasi ke aset seperti itu tetap terbukti lebih baik daripada hanya didiamkan di bank.

5. Tidak selalu mengikat banyak uang tunai

Real estate adalah aset yang dapat dicairkan, dan tidak mengikat jumlah uang tunai yang besar. Anda dapat mengeluarkan uang dengan jumlah yang tak terlalu besar sebagai uang muka, ada beragam pilihan dan program dari 10% uang muka hingga sekecil 0%.

Tidak seperti pasar saham, yang mempunyai banyak faktor di luar kendali Anda dan dapat membuat investasi Anda menghilang hanya dalam semalam. Berbeda dengan investasi dalam aset real estate yang justru akan memberikan nilai pengembalian investasi lebih besar.

Satu-satunya orang yang kehilangan uang dalam investasi aset real estate adalah mereka yang membeli pada kondisi pasar yang tertinggi dan menjual di saat yang tidak tepat, yang menyebabkan nilai keuntungan yang kecil atau bahkan rugi ketika menjualnya.

6. Real estate menawarkan pilihan tak terbatas

Real estate senantiasa menjadi investasi yang hebat sebab Anda mempunyai lebih banyak pilihan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Jika Anda berinvestasi ke pasar saham misalnya, kesuksesan Anda sangat tergantung kepada faktor-faktor di luar kendali Anda. Pilihan akhirnya antara menahan atau menjual saham tersebut. Sedangkan dengan real estate, Anda memiliki pilihan tak terbatas.

Anda dapat membeli sebuah rumah dengan maksud untuk menjualnya kemudian. Namun, jika keadaan berubah arah, Anda dapat menyewakannya. Ketika pasar menghargai nilai aset Anda, itu saat yang tepat untuk menjualnya. Anda dapat mengembangkan atau menyewakan aset real estate Anda.

Hal-hal disebutkan di atas hanyalah beberapa pilihan yang Anda miliki. Fleksibilitas merupakan salah satu alasan mengapa real estate menciptakan lebih banyak miliarder dibandingkan aset investasi lainnya.

7. Orang-orang selalu membutuhkan tempat tinggal

Terdapat peluang yang lebih besar dan pengembalian yang lebih konsisten dengan real estate dibandingkan dengan investasi lain. Ketika sebuah properti dibangun, hal itu dikarenakan sejumlah orang melihat populasi yang cukup besar untuk membenarkan mereka membangung properti tersebut.

Angka penambahan properti baru setiap tahun membuktikan pasar real estate yang meningkat. Suplai mengikuti permintaan, dan permintaan terus meningkat. Populasi hampir tak pernah menurun, itulah sebabnya kenapa kebutuhan akan rumah sebagai tempat tinggal meningkat dari tahun ke tahun.

Pasar untuk apartemen meningkat, karena apartemen menjadi lebih menarik, orang-orang semakin kurang berniat untuk membeli rumah. Tentu hal tersebut belum tentu berlaku di semua area, hanya di beberapa kawasan tertentu. Namun, dengan adanya apartemen, Anda akan terus menghasilkan pendapatan yang meningkat dalam jangka waktu beberapa tahun.

Setelah properti stabil, Anda dapat mengumpulkan pengembalian dari investor atau penyewa hingga pada saat Anda memutuskan untuk menjualnya.

Rahmat I

Properti Indonesia VS Malaysia

Properti Indonesia VS Malaysia – Malaysia yang memiliki letak geografis dekat dengan Indonesia bisa menjadi alternatif tempat berinvestasi properti. Lantas sebagai pilihan berinvestasi, lebih baik beli properti di Indonesia...
Abdul R Abdul R
1 min read

Rumah Dijual

lima tips rumah dijual Saya adalah seorang mentor bagi sebagian dari mereka investor rumah dijual yang sukses dalam hal ini buku saya baru saja...
Abdul R Abdul R
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *